Minggu, 10 Juni 2012

PERKALIAN

Pada prinsipnya, perkalian sama dengan penjumlahan secara berulang. Oleh karena itu, kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari perkalian adalah penguasaan materi dan konsep penjumlahan.

Dalam mengajarkan Matematika, guru hendaknya dapat menyajikan pembelajaran yang efektif dan efisien, sesuai dengan kurikulum dan pola pikir siswa. Selain itu guru harus memahami bahwa kemampuan setiap siswa berbeda-beda, serta tidak semua siswa menyenangi mata pelajaran Matematika.

Berikut ini adalah pemaparan pembelajaran matematika materi perkalian yang ditekankan pada konsep-konsep Matematika:
1.      PENANAMAN KONSEP
Sebagai tahapan awal, siswa sebaiknya mengerjakan perkalian dengan mengubah terlebih dahulu dari perkalian ke dalam penjumlahan berulang, atau sebaliknya.
Perhatikan contoh di bawah ini:










Banyak strawberri seluruhya 2 + 2 + 2 =6
Ditulis dalam perkalian ........ x ........ = 6 (jawaban yang diharapkan 3 x 2 = 6)

2.      PEMAHAMAN KONSEP
Untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi perkalian, guru dapat memberikan contoh soal dengan jawaban yang benar dan salah seperti contoh di bawah ini:
Perhatikan perkalian di bawah ini. Apabila benar beri tanda centang (√), jika salah!
  •  3 + 4 = 3 x 4 
  •  2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 2 x 5 
  •  4 + 4 + 4 = 3 x 4
3.      PEMBINAAN KETERAMPILAN
Pembinaan keterampilan pada awalnya dapat dilakukan dengan memberikan drill pada siswa tentang perkalian sampai hasil terbesar 50. Selanjutnya, siswa harus hafal perkalian sampai 100. Selain itu, guru juga dapat memberikan soal divergen (soal dengan kemungkinan jawaban lebih dari satu) seperti contoh di bawah ini:
Isilah titik-titik di bawah ini:
36
......x......
......x......
......x......
......x......

DAFTAR PUSTAKA
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar